Selasa, 11 Juni 2019

Menstruasi atau datang bulan



Haii guyss,,, Salam kenal bagi kita semuaa :)
   Kali ini saya akan memberi sedikit pengetahuan tentang menstruasi, menstruasi adalah proses keluarnya darah dari vagina yang terjadi akibat siklus bulanan alami pada tubuh wanita. Siklus ini merupakan proses organ reproduksi wanita untuk bersiap jika terjadi kehamilan. Persiapan ini ditandai dengan penebalan dinding rahn (endometrium) yang berisi pembuluh darah. Jika tidak terjadi kehamilan, endometrium akan mengalami peluruhan dan keluar bersama darah melalui vagina. 
   Normalnya menstruasi terjadi sekitar 3-7 hari pada kebanyakan wanita. Meski demikian, tidak semua wanita mengalami siklus yang sama, bahkan diantara wanita yang berusia hampir sama. Siklus menstruasi terkadang bisa datang lebih cepat ataupun lambat dengan perbedaan berkisar antara 21-35 hari. 

Berikut tips untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi:




1. KOMPRES BAGIAN PERUT MENGGUNAKAN AIR HANGAT
Dengan cara mengompres bagian perut menggunakan air hangat yang dimasukkan dalam botol atau Warm Water Zak (WWZ). Manfaat air hangat untuk mengurangi nyeri menstruasi yaitu suhu panas yang ditimbulkan air hangat akan membantu melancarkan aliran darah dari bagian panggul serta dapat mengendurkan otot-otot perut yang tegang. 
Catatan: Botol yang digunakan yaitu botol plastik tebal maupun botol kaca, alat kesehatan WWZ. Apabila terasa panas botol maupun WWZ dapat dilapisi dengan kain atau handuk.



2. MENGENDALIKAN EMOSI / MOOD 
Menstruasi dapat menyebabkan mood atau emosi tidak terkontrol, hal ini dipengaruhi oleh rasa sakit yang ditimbulkan. Sehingga mood akan berubah menjadi emosi yang ditandai dengan perasaan marah-marah. Ketidakstabilan mood ini dinamakan mood swing yang disebabkan karena naik turunnya kadar hormon estrogen disepanjang siklus menstruasi. Mood swing dapat dikendalikan secara minum jus sayur atau buah, banyak mengkonsumsi air putih dan hindari minuman yang beralkohol maupun minuman yang berkafein, dan perbanyak istirahat. 



3. MINUM OBAT ANTINYERI ATAU JAMU
Nyeri haid seringkali dialami oleh wanita, secara umum nyeri haid terjadi ketika dinding otot rahim bergerak dan menekan pembuluh darah yang ada di dekatnya. Hal ini menyebabkan pasokan oksigen ke rahim menjadi terhenti. Bila pasokan oksigen terhambat akan menyebabkan tubuh mengeluarkan zat kimia pemicu rasa sakit dan memproduksi prostaglandin, prostaglandin ini akan memicu otot-otot melakukan kontraksi sehingga meningkatkan rasa sakit. Agar nyeri haid tidak mengganggu aktifitas dapat menggunakan obat antinyeri seperti : ibu profen, paracetamol, asam mefenamat. Lebih baik lagi mengkonsumsi jamu herbal karena obat yang terbuat dari bahan herbal jarang terjadi efek samping yang ditimbulkan. 



4. BANYAK MENGKONSUMSI AIR PUTIH
Cara untuk menghilangkan nyeri menstruasi dengan memperbanyak minum air putih, karena air putih berfungsi melemaskan otot-otot perut yang tegang serta membuat darah yang keluar dari vagina menjadi lebih enver serta tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

Berikut tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi haid selain tips yang berada di atas yaitu :
1. Menjaga kebersihan lingkungan.
2. Mengganti pembalut minimal 4x sehari .
3. Rajin olahraga.
4. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi.
5. Istrirahat yang cukup.

Semoga bermanfaat. Terimakasih :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menstruasi atau datang bulan

Haii guyss,,, Salam kenal bagi kita semuaa :)    Kali ini saya akan memberi sedikit pengetahuan tentang menstruasi, menstruasi adalah ...